Penetrasi Cak Imin Sukes Bikin Jokowi Tertekan

Penetrasi Cak Imin Sukes Bikin Jokowi Tertekan
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam veranda talk di Istana Negara. Foto: setkab.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Said Salahudin menilai PKB telah berhasil menekan Joko Widodo (Jokowi). Buktinya, mantan wali kota Surakarta itu secara terbuka mengakui bahwa Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar merupakan satu dari lima kandidat cawapres yang tengah dipertimbangkannya.

Said mengistilahkan pola yang dimainkan PKB dan Cak Imin sebagai taktik penetrasi. Yaitu, mencoba menekan dengan cara menembus lingkaran 'oposisi', demi menaikkan posisi tawar PKB di hadapan Jokowi.

"Jadi, ketika proses negosiasi dengan kubu petahana sedang berjalan, pada saat yang sama Muhaimin dan elite PKB juga melakukan pembicaraan dengan kubu SBY untuk menjajaki peluang poros ketiga, termasuk dengan kubu Prabowo Subianto," ujar Said di Jakarta, Selasa (17/7).

Dalam memainkan perannya, kata Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) itu, Cak Imin bahkan tak ragu untuk sering menyebut nama Prabowo dengan melontarkan jargon, 'Prabowo hanya bisa menang jika Muhaimin yang jadi cawapresnya'.

"Ini tentu langkah politik yang luar biasa. Karena sepertinya, bagi Jokowi jargon semacam itu menunjukan PKB tidak main-main dengan ancaman bergabung ke kubu 'oposisi', jika syarat cawapres yang diminta tidak dipenuhi," ucapnya.

Said meyakini Jokowi menangkap kesan siasat yang dimainkan Cak Imin dan PKB bukan sekadar gertak sambal semata. Apalagi pada saat bersamaan, PKB juga mengumandangkan jargon "Jokowi hanya bisa menang jika cawapresnya Cak Imin".

"Jadi, jargon itu sepertinya berhasil membuat Jokowi berpikir keras dan membuat semacam kalkulasi. Dulu, pada Pilpres 2014, Jokowi menang sekitar delapan juta suara atas Prabowo. Dalam angka delapan juta itu ada suara PKB yang meraih 11 jutaan suara di Pileg 2014," kata Said.

Artinya, lanjut dia, jika PKB keluar dari koalisi, maka suara kaum Nahdliyin yang menjadi basis suara PKB, dikhawatirkan memperkecil peluang Jokowi memimpin di periode kedua.

Pengamat politik Said Salahudin menilai PKB telah berhasil menekan Joko Widodo lewat taktik penetrasi Cak Imin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News