Pengadilan California Legalkan Gunakan HP Saat Nyetir

Pengadilan California Legalkan Gunakan HP Saat Nyetir
Ilustrasi. FOTO: getty images

jpnn.com - FRESNO - Para pengemudi di California bisa menggunakan smartphone sambil mengemudi tanpa perlu takut bakal kena tilang. Hanya patut dicatat, aktivitas menggunakan smartphone sambil nyetir diperbolehkan sebatas untuk melihat peta jalan bukan untuk mengirim pesan singkat apalagi bertelepon. 

Cantolan hukum melegalkan melihat peta sambil mengemudi muncul setelah pengadilan banding California mengabulkan keberatan seorang pengemudi bernama Steven Spriggs. Steven yang kena denda USD 165 (Rp 1,9 juta) keberatan dengan putusan pengadilan tingkat pertama yang menyebutkan dia telah mengemudi sambil bertelepon.

Steven bersikukuh putusan pengadilan tersebut salah karena saat kejadian 12 Januari 2012, dia tengah mencari jalan alternatif lewat peta yang ada di iPhone 4, dengan tujuan agar tak terjebak macet. Aksinya itu ketahuan polantas setelah mobil yang dikemudikan Steven terhenti akibat adanya perbaikan jalan. 

Dalam putusannya, seperti dikutip dari AFP, Jumat (28/2), hakim sependapat dengan pengacara Steven bahwa aturan yang ada hanya melarang bertelepon dan SMS-an. Sementara melihat peta seperti yang dilakukan Steven sama sekali tak diatur. (pra/jpnn)

FRESNO - Para pengemudi di California bisa menggunakan smartphone sambil mengemudi tanpa perlu takut bakal kena tilang. Hanya patut dicatat, aktivitas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News