Xanana Ingin Mundur dari Perpolitikan Timor Leste

Xanana Ingin Mundur dari Perpolitikan Timor Leste
Xanana Ingin Mundur dari Perpolitikan Timor Leste

jpnn.com - DILI - Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao dilaporkan berencana mundur dari dunia politik pada September 2014 mendatang. Rencana selanjutnya, mantan presiden pertama Timor Leste itu ingin menjadi bapak bangsa sekaligus mengamati perpolitikan di negeri bekas provinsi ke-27 Indonesia.

Keinginan mundur Xanana disebutkan Wakil Perdana Menteri Fernando La Samma De Araujo seperti diberitakan news.com, Jumat (28/2) pada anggota kabinet dan orang-orang dekatnya. Selain ingin pensiun dan menimang cucu, Xanana yang kini berumur 67 tahun ingin memberikan kesempatan pada pemimpin muda Timor Leste membangun negara seluas 14,8 ribu km per segi itu.

Menurut Fernando, niat Xanana mundur dari dunia politik sudah melalui pemikiran panjang dan melihat kondisi politik negaranya saat ini. Xanana juga terinsiprasi dengan sikap mendiang pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela dan PM pertama Singapura Lee Kuan Yew, yang mundur setelah berhasil membangun dasar-dasar pemerintahan negaranya.

Nama Xanana makin dikenal dunia setelah di tahun 1999, Presiden RI BJ Habibie meluluskan keinginan rakyat Timor Timur untuk menggelar referendum apakah tetap bergabung dengan Indonesia atau membentuk negara sendiri. Timor Leste resmi diakui sebagai neara oleh PBB pada 20 Mei 2002 setelah sempat menjalani masa transisi selama 3 tahun. (pra/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Ukraina Punya Kabinet Baru

DILI - Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao dilaporkan berencana mundur dari dunia politik pada September 2014 mendatang. Rencana selanjutnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News