Pengamat: Ahok Lebih Besar Peluang Bergabung ke PDIP

Pengamat: Ahok Lebih Besar Peluang Bergabung ke PDIP
Ahok. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif EmrusCorner Emrus Sihombing menilai probability atau peluang mantan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan lebih besar dibanding dengan partai-partai politik lainnya.

Bukan tanpa alasan doktor ilmu komunikasi politik ini melihat peluang Ahok bergabung partai besutan Megawati Soekarnoputri itu lebih besar dibanding lainnya. Emrus menjelaskan bahwa pertama pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017, Ahok diusung oleh PDI Perjuangan bersama Djarot Saipul Hidayat.

“Dalam pilkada kemarin PDIP saya kira sangat kuat mendukung Ahok,” kata Emrus, Selasa (27/11).

Kedua, lanjut Emrus, dari segi perjuangan Ahok dan PDIP memiliki banyak kesamaan. Meskipun tidak mutlak semuanya harus sama. Dia menjelaskan, beberapa kesamaan itu antara lain Ahok dan PDI Perjuangan membawa pluralisme dan juga pro kerakyatan.

Dia mencontohkan, dari sisi pro kerakyatan ketika menjadi gubernur DKI Jakarta, Ahok menyejahterakan warganya sampai kepada tukang sapu jalan di DKI Jakarta yang boleh dikatakan masuk dalam kategori berada pada posisi yang tidak menggembirakan secara ekonomi.

“Tapi, disejahterahkan Ahok dalam sisi penghasilan. Artinya, bukankah PDI Perjuangan juga memperjuangkan nasib wong cilik? Jadi, saya melihat ada konteks sisi kesamaan dari sisi ini,” ungkapnya.

Saat ditanya apakah tertutup peluang Ahok untuk bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Emrus mengatakan hal itu bisa saja terjadi. Namun, Emrus lebih meyakini Ahok akan bergabung dengan PDI Perjuangan dibanding PSI.

“PSI belum mempunyai relasi secara historical dengan Ahok. Berbeda dengan PDIP,” ungkapnya.

Peluang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bergabung ke PDI Perjuangan lebih besar dibanding dengan partai-partai politik lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News