Pengamat Anggap Gus Yaqut Layak Jadi Cawapres Jokowi

Pengamat Anggap Gus Yaqut Layak Jadi Cawapres Jokowi
Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Dimas Oky Nugroho menilai Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas pantan menjadi pendamping Joko Widodo pada Pilpres 2019.

Menurut Dimas, pria yang karib disapa Gus Yaqut itu merupakan pemimpin muda muslim yang memiliki basis sosial dan politik nan kuat.

Dia menambahkan, Jokowi harus menggandeng Gus Yaqut apabila Ketum Gerindra Prabowo Subianto memilih Ustaz Abdul Somad.

"Gus Yaqut juga memahami isu-isu sosial ekonomi dan isu keanakmudaan secara lebih luas,” kata Direktur Akar Rumput Strategic Consulting, Rabu (8/8).

Menurut Dimas, Jokowi maupun Prabowo harus memilih kandidat cawapres yang merepresentasikan generasi muda.

Cawapres yang digaet Jokowi dan Prabowo juga harus memiliki karakter yang kuat, kapasitas dan pengetahuan pemerintahan yang baik, integritas yang jernih, bukan hasil dari proses politik yang instan, serta mempunyai komitmen kebangsaan dan keumatan yang tak diragukan.

"Pemilih muda memiliki pengaruh yang sangat menentukan pada Pilpres 2019 nanti," imbuh Dimas.

Dia mengatakan, isu-isu seperti sumber daya manusia (SDM) yang menjadi perhatian pemerintah saat ini, ekonomi umat dan kreatif, kewirausahaan, serta kesehatan adalah persoalan yang saat ini dihadapi generasi milenial. (jos/jpnn)


Pengamat politik Dimas Oky Nugroho menilai Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas pantan menjadi pendamping Joko Widodo pada Pilpres 2019.


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News