Pengamat Ini Angkat Jempol untuk Anggota DPR dari PDIP yang Kritik Penanganan Covid-19

Rabu, 04 Agustus 2021 – 15:46 WIB
Pengamat Ini Angkat Jempol untuk Anggota DPR dari PDIP yang Kritik Penanganan Covid-19
Ilustrasi PDIP. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Asrinaldi menyatakan kritikan yang diberikan oleh anggota DPR dari PDI Perjuangan merupakan hal yang baik untuk demokrasi Indonesia. 

Asrinaldi menyebutkan hal yang dilakukan oleh beberapa anggota dewan itu sebagai bentuk fungsi pengawasan terkait penyelenggaraan pemerintahan. 

"Sebagai anggota DPR, tentu mereka harus berpikiran objektif terkait penyelenggaraan pemerintahan dan tidak melihat latar belakang partai politik dari presiden sebagai eksekutif," kata Asrinaldi kepada JPNN.com melalui sambungan telepon, Rabu (4/8) 

Dosen Ilmu Politik Universitas Andalas itu menyebutkan sepanjang penyelenggaraan pemerintahan itu tidak sesuai dengan apa yang diamati oleh DPR, tentu harus diberi masukan. 

"Dalam konteks ini berupa kritik, bahwa penyelenggaraan penanganan pandemi sudah setahun tidak tampak arah bagaimana menanggulangi nya, rencananya seperti apa. Saya pikir itu masukan yang sangat baik," lanjutnya. 

Menurut dia, hal seperti itu cara berdemokrasi yang sehat dalam hal hubungan eksekutif dan legislatif, tanpa melihat latar belakang partai politik presiden. 

"Partai yang sama dengan presiden tidak akan mengkritik, menurut saya itu tidak sehat bagi demokrasi," jelasnya. 

Asrinaldi juga menyebutkan apa yang dilakukan oleh anggota DPR dari PDI Perjuangan itu perlu di apresiasi lantaran menjalankan fungsi masing-masing secara objektif.

SPONSORED CONTENT

loading...