Pengamat: Koalisi Gerindra-PKB Bisa Jadi Magnet Partai Lain untuk Bergabung

Pengamat: Koalisi Gerindra-PKB Bisa Jadi Magnet Partai Lain untuk Bergabung
Ketua Umum Partai Gerinda Prabowo Subianto dan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar menandatangani Piagam Deklarasi Koalisi menghadapi Pilpres 2024 beberapa waktu lalu. Foto: Dok. PKB

jpnn.com, JAKARTA - Kerja sama Gerindra dan PKB dalam menghadapi Pemilu 2024 dinilai bisa jadi magnet bagi partai lain untuk bergabung.

Selain mempunyai basis massa yang jelas, koalisi Gerindra dan PKB dinilai mempunyai figur yang berpotensi memenangkan kontestasi Pilpres 2024.

“Gerbong PKB dan Gerindra memiliki daya tarik tersendiri bagi partai lain. Terutama bagi partai yang belum memiliki tokoh untuk diusung dalam Pilpres atau juga sejumlah partai lain yang 'galau' dengan pilihan koalisinya,” ujar Direktur IndoStrategi Arif Nurul Iman, Selasa (16/8/2022).

Dia menjelaskan kerja sama politik yang dilakukan Gerindra dan PKB menjelang Pemilu 2024 ini cukup strategis.

Menurut dia, dua partai politik ini telah memenuhi batas ambang minimal untuk mencalonkan pasangan presiden dan wakil presiden (presidential threshold).

Arif Nurul Iman mengatakan pemenuhan ambang batas presidential threshold ini sangat penting karena koalisi ini tidak akan terombang-ambing lagi dalam mencari kawan untuk bisa menjadi peserta Pilpres 2024.

“Kerja sama politik Gerindra dan PKB bisa langsung fokus pada kerja teknis pemenangan seperti sosialisasi visi dan misi maupun tawaran program kerja bersama,” ujarnya.

Arif mengatakan selain memenuhi presidential threshold, Gerindra dan PKB mempunyai daya tarik bagi partai lain karena kejelasan basis massa. Gerindra mempunyai basis massa beraliran nasionalis, sedangkan PKB mempunyai massa militant berlatar agamis.

Kerja sama Gerindra dan PKB dalam menghadapi Pemilu 2024 dinilai bisa jadi magnet bagi partai lain untuk bergabung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News