Pengamat Maritim Berbagi Tips Mudik Aman dan Lancar dengan Kapal Laut

Pengamat Maritim Berbagi Tips Mudik Aman dan Lancar dengan Kapal Laut
Pengamat Maritim dari Ikatan Keluarga Besar Alumni Lemhannas Strategic Center (ISC) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Mudik ke kampung halaman saat menjelang hari raya Idulfitri bagi sebagian besar masyarakat Indonesia telah menjadi salah satu tradisi.

Salah satu moda transportasi favorit yang dipilih adalah melalui kapal laut.

Pengamat Maritim dari Ikatan Keluarga Besar Alumni Lemhannas Strategic Center (ISC) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa mengatakan agar perjalanan selama mudik terasa aman dan nyaman, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pemudik dan pengelola angkutan laut.

Menurut Capt. Hakeng, ketika menempuh perjalanan dengan transportasi laut, pasti ada hal berbeda dengan perjalanan melalui jalur darat maupun udara.

“Persiapkan tiket untuk pergi dan pulang sesuai jadwal yang telah ditentukan. Foto fisik tiket sekira nanti diperlukan dan simpan  fisik tiket di tempat yang mudah ditentukan dan tidak hilang,” kata Capt. Hakeng dalam keterangan persnya pada Kamis (20/4/2023).

Menurut dia, perjalanan melalui laut bisa terjadi berjam-jam bahkan dapat berhari-hari. Oleh karena itu, perlu persiapkan fisik dan kesehatan yang baik bagi para penumpang.

“Ada kemungkinan di tengah perjalanan Anda merasa mabuk laut. Karena itu, Anda perlu menyediakan obat yang biasa dipakai untuk mengatasi mabuk selama perjalanan. Selain itu usahakan sebelum perjalanan isi perut Anda dengan makanan secukupnya. Perut yang kosong akan lebih mudah memicu rasa mual yang mengakibatkan Anda ingin muntah, kata Capt. Hakeng.

Tips lain agar perjalanan mudik terasa nyaman, menurut Capt. Hakeng adalah dengan membawa barang keperluan  seperlunya. Kondisi kapal saat mudik biasanya akan penuh oleh penumpang.

Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa mengatakan agar perjalanan selama mudik terasa aman dan nyaman, maka ada beberapa hal harus diperhatikan bagi pemudik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News