Pengamat Menilai Ada Dampak Baik Apabila KLB Demokrat Disahkan

Pengamat Menilai Ada Dampak Baik Apabila KLB Demokrat Disahkan
Pengamat menilai dampak baik mengesahkan KLB Demokrat. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Hukum dan Politik Faisal Santiago menilai ada dampak baik untuk demokrasi Indonesia apabila Menkum HAM Yasonna Laoly menyetujui hasil kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang.

Ketua program doktor hukum Universitas Borobudur itu menyebutkan KLB partai dengan warna kebesaran biru itu merupakan bagian dari hakekat demokrasi.

"Andaikan KLB Demokrat disetujui, justru ada kebaikan dalam menciptakan struktur partai lebih inklusif," kata Faisal Santiago, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (21/3). 

Lebih lanjut, dia menyebutkan Indonesia yang berdasarkan negara hukum dan demokrasi tidak boleh membiarkan penyusunan kepartaian berlandaskan kekerabatan.

"Hal itu justru akan membuat rapuhnya bangunan demokrasi," tambah dia.

Faisal juga mengatakan serahkan proses penanganan sengketa di tubuh Partai Demokrat kepada pengadilan sesuai dengan hukum dan konstitusi. 

"Hal itu juga pernah dilalui oleh partai politik lain seperti PKB, Golkar, PKPI, PPP dan terakhir Kasus Partai Berkarya," ucap Faisal Santiago. (mcr8/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Pengamat hukum dan politik, Faisal Santiago menilai ada dampak baik apabila Menkum HAM mengesahkan hasil KLB Partai Demokrat di Deli Serdang


Redaktur & Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News