Pengamat Nilai Banyak Kemiripan Antara Ganjar dengan Jokowi

Pengamat Nilai Banyak Kemiripan Antara Ganjar dengan Jokowi
Bakal capres dari PDIP untuk Pilpres 2024 Ganjar Pranowo (berpeci) menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Rakernas III PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6). Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama Kepala Situation Room DPP PDIP Prananda Prabowo (jaket hitam), Bendahara DPP PDIP Olly Dondokambey, dan Sekretaris Kabinet Pramono juga ikut menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik pertahanan Kusnanto Anggoro menilai Ganjar Pranowo memiliki karakter seperti Presiden Joko Widodo. Hal tersebut yang membuat kelompok milenial kampus menilai Ganjar Pranowo capres ideal.

Hal ini disampaikan Kusnanto saat menjadi narasumber di acara rilis survei nasional Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bertajuk 'Capres Pilihan Millenial Kampus' di kawasan Semanggi, Jakarta, Sabtu (15/7).

"Menurut saya, keunggulan Ganjar lebih karakternya yang hampir mendekati Presiden Jokowi," kata Kusnanto.

Selain itu, kata Kusnanto, kelebihan Ganjar Pranowo ialah memiliki pengalaman sebagai politisi saat bekerja di DPR dan kepala daerah.

"Meski Anies juga berangkat dari latar yang sama, tetapi hasil survei dari kalangan kritis kampus ini memperlihatkan realitas yang berbeda. Atau begitu pula Prabowo Subianto yang bisa dipahami oleh sebab pengalamannya belum begitu teruji sebagai kepala daerah,” kata Kusnanto.

Meski demikian, Kusnanto menganggap pendekatan itu masih sangat dinamis dan selisihnya secara elektabilitas tidak berbeda jauh dengan survei-survei lainnya.

"Tetapi yang menarik adalah indikator yang disajikan oleh LPI yang berbeda dengan riset mengenai preferensi dukungan dari lembaga survei lainnya," tutur Kusnanto.

Pada kesempatan itu, Dewan Pakar The Habibie Center Indria Samego menilai elektabilitas para capres masih dinamis dan belum ada kepastian.

Ganjar Pranowo dianggap memiliki karakter seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News