Pengamat Nilai Faktor Erick Thohir Bawa Tradisi Menang di Timnas

Pengamat Nilai Faktor Erick Thohir Bawa Tradisi Menang di Timnas
Timnas Indonesia U-23 ketika mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada laga melawan timnas Turkmenistan U-23 dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023). Foto: ANTARA/Zaro Ezza Syachniar

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat sepak bola nasional Kesit Budi Handoyo menilai kesuksesan Timnas U-23 mencetak sejarah dengan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 tak lepas dari faktor Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Kehadiran Erick Thohir yang selalu hadir untuk mendampingi dan memberi perhatian khusus, sekaligus menjaga relasi dengan penggawa timnas di berbagai level menjadi kunci kolaborasi yang berbuah dengan tradisi menang yang kerap dicetak tim Merah Putih di lapangan hijau.

"Seperti itulah pemimpin PSSI harus bersikap, dia hadir di event-event perhatian publik, yang menjadi perhatian masyarakat. Mendampingi langsung para pemain, pelatih, dan ofisial saat menjalani fase-fase krusial," kata Kesit saat dihubungi, Selasa (12/9) malam.

Kesit ikut menyaksikan kemenangan Indonesia, 2-0 atas Turkmenistan di laga kedua babak Kualifikasi Piala Asia U-23 Grup K di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Pengamat yang juga mantan wartawan olahraga itu menilai Erick telah berperan sebagai 'bapak' yang baik.

"Pengalamannya di dunia olahraga saya rasa amat memengaruhi dirinya bertindak, terutama dalam urusan pengelolaan unsur-unsur psikologis tim. Dia selalu pasang badan buat Shin Tae Yong dan pelatih-pelatih timnas lainnya," lanjutnya.

Erick juga dianggap membantu para pelatih dengan sekuat tenaga dalam menjalankan program kerja.

Di sisi lain, Erick pun sering memberikan perhatian personal ke pemain, yang menjadi aktor sesungguhnya di lapangan.

Kesuksesan Timnas U-23 mencetak sejarah dengan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 tak lepas dari faktor Ketum PSSI Erick Thohir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News