Pengamat: Pembangunan Infrastruktur Paling Masif di Era Jokowi

Pengamat: Pembangunan Infrastruktur Paling Masif di Era Jokowi
Presiden Jokowi berkomitmen untuk menyetop ekspor bahan mentah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Populi Center merilis hasil survei yang bertajuk Evaluasi 3 Tahun Kinerja Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin dan Dinamika Politik Menjelang Pemilu 2024 beberapa waktu yang lalu.

Hasil survei menjelaskan mayoritas masyarakat menilai selama 3 tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin menjawab baik sebesar 69,4 persen. Sementara kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi mengalami peningkatan sebesar 65,9 persen yang sebelumnya pada bulan Juli sebesar 63,6 persen.

Dari aspek pemerataan pembangunan infrastruktur mendapat kepuasan paling tinggi dari masyarakat, yaitu sebesar 71 persen dari kategori program unggulan pemerintah.

Berkaca dari hasil survei tersebut, pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai pembangunan infrastruktur yang masif di era kepemimpinan Presiden Jokowi dapat diartikan mendapat dukungan dan kepercayaan dari masyarakat.

“Kalau era Pak Jokowi ini memang publik sangat puas terkait kebijakan pembangunan infrastruktur. Masyarakat menganggap bahwa apa yang dilakukan Pak Jokowi ini pembangunan infrastruktur yang masif sekarang ini memang meningkatkan kepercayaan publiknya,” ujar Trubus, Jumat (28/10/2022).

Menurut Trubus, masyarakat tidak boleh menutup mata dengan manfaat insfrastruktur yang telah dibangun pemerintah.

Sebab, setuju atau tidak, mereka yang menolak keras kehadiran infrastruktur pada akhirnya akan menikmatinya juga dampak dari pembangunan itu.

“Jadi, itu yang dilihat kemudian masyarakat menganggap pembangunan infrastruktur yang selama ini diteriak-teriakkan oleh yang antipemerintah itu pada akhirnya malah memberikan dampak positif terhadap masyarakat,” paparnya.

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah menilai pembangunan infrastruktur yang masif di era kepemimpinan Presiden Jokowi dapat dukungan publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News