Pengamat: Perlu Ada Pertemuan Jilid II SBY-Jokowi

Pengamat: Perlu Ada Pertemuan Jilid II SBY-Jokowi
Jokowi dan SBY dalam 'Veranda Talk', Kamis (9/3). Foto: M. Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik, Pangi Syarwi Chaniago mengusulkan sebaiknya Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dalam waktu dekat dengan Presiden Joko Widodo sebelum peringatan 72 tahun Kemerdekaan Indonesia.

Menurut Pangi, pertemuan kedua tokoh tersebut diharapkan dapat menurunkan tensi politik yang kian memanas mengingat Jokowi adalah presiden terpilih yang menggantikan posisi SBY. Ia mengibaratkan seperti pertemuan antara Obama dan Trump di Amerika Serikat, setiap ada persoalan kebangsaan yang serius, mereka bertemu.

Pembicaraan dalam pertemuan kedua tokoh tersebut bisa membahas hal-hal yang belum ada titik terang, dan masih terdapat perbedaan sudut pandang, perspektif dan belum ketemu jalan keluarnya serta masih terkesan terdapat perbedaan pendapat yang cukup tajam.

“Pertemuan dua tokoh tersebut paling tidak bisa menyejukkan suhu politik di tengah turbulensi politik yang kian tak menentu,” kata Pangi kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (5/8).

Lebih lanjut, Direktur Eksekutif Voxpol Center ini menyebutkan menu yang disajikan dalam pertemuan tersebut bisa berupa nasi goreng, gado gado, pecel, atau lainnya. “Biarlah Pak Jokowi yang menyiapkan menu tersebut,” katanya.

Terkadang, kata Pangi, dalam kondisi bangsa dan negara seperti ini, dari pertemuan suasana makan yang hangat dan bersahabat bisa memunculkan solusi atau jalan tengah untuk mengurai problem fundamental yang sedang dihadapi bangsa.

Apalagi setelah komentar kontroversial Victor Laiskodat yang cukup berpotensi memantik api konflik, di tengah musim kemarau politik yang sedang melanda saat ini.

“Kita tentu tidak menginginkan suasana kesejukan bangsa terganggu dengan statement brutal dan fitnah keji seperti yang dipertontonkan Victor secara telanjang, membuat suasana makin keruh,” ujar Pangi.

Pengamat Politik, Pangi Syarwi Chaniago mengusulkan sebaiknya Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dalam waktu dekat dengan Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News