Pengamat: Prabowo Tampil Lebih Luwes dan Jenaka, Kuasai Panggung Debat Capres 2024

Pengamat: Prabowo Tampil Lebih Luwes dan Jenaka, Kuasai Panggung Debat Capres 2024
Tiga capres (dari kiri) Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. saat debat pertama capres 2024. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Bawono Kumoro mengatakan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tampil lebih luwes dan sedikit jenaka dalam sesi debat capres di KPU RI, Selasa (12/12/2023).

Menurut Bawono, Prabowo yang sempat berjoget di tengah debat menurunkan tensi debat yang terus berjalan serius dan monoton sejak dimulai.

Namun, Prabowo tetap bisa lugas dan tegas menyampaikan visi-misinya terhadap bangsa, terutama dalam hal penegakan hukum, HAM dan pemberantasan korupsi.

"Lontaran jokes atau joget prabowo di panggung debat kemarin seperti mengisi kekosongan. Selain Prabowo tentu saja mengungkapkan apa menjadi visi misi rencana ke depan apabila terpilih sebagai presiden," kata Bawono saat dikonfirmasi, Rabu, 13 Desember 2023.

Hal yang dilakukan Prabowo dinilai Bawono akan menarik perhatian pemilih karena mengena di masyarakat.

"Otak manusia itu dipersuasi dengan dua cara. Dekati dengan logic dan data untuk persuasi melalui jalur sentral (central route). Tapi dekati juga gimmick dan entertainment untuk persuasi melalui peripheral route otak manusia," jelas dia.

Sebagai informasi, KPU menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Pengamat politik Bawono Kumoro mengatakan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tampil lebih luwes dan sedikit jenaka dalam sesi debat capres di KPU RI, Selasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News