Pengamat Prediksi Jokowi Bakal Kerepotan

Pengamat Prediksi Jokowi Bakal Kerepotan
Presiden Joko Widodo memberi ucapan selamat kepada 34 anggota Kabinet Kerja usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/10). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik Arbi Sanit menilai, banyak figur lemah di Kabinet Kerja bentukan Jokowi-JK. Ini akan berdampak pada kinerja pemerintahan pimpinan Jokowi, yang menurutnya, bakal lemah. Bahkan jauh lebih lemah dibanding pemerintahan SBY.

Ditambah dengan fakta perolehan suara Jokowi yang jauh di bawah suara yang diraih SBY pada pemilu 2009, maka pemerintahan Jokowi akan sangat rentan.

"Ini petunjuk bahwa kepemimpinan Jokowi jauh lebih lemah dari SBY. Banyak nama yang tidak kompeten dan tidak pas ditempatkan di kabinet. Ini akan merepotkan," kata analis politik senior, Arbi Sanit, kepada wartawan, Senin (27/10).

Belum lagi lanjutnya, ada fakta bahwa Jokowi hanya menang tipis dalam Pilpres 2014. Sementara, Koalisi Merah Putih siap menjadi penyeimbang di luar pemerintahan.

"Pemerintahan ini akan berat menjalankan tugas-tugasnya," imbuh Arbi.

Dirinya juga melihat bahwa susunan kabinet ini masih terlalu banyak mengakomodir orang-orang parpol yang tidak pernah terbukti memiliki integritas, kapabilitas dan profesionalitas.

"Susunan kabinet jelas menunjukkan sekali unsur nepotisme dan tidak terlihat profesional. Masyarakat kehilangan kepercayaan pada pernyataan-pernyataan Jokowi sebelumnya. Saya yakin kalau disurvei lagi saat ini, tingkat elaktabilitas Jokowi sudah  turun dan jika pemiu dilakukan sekarang, dia akan kalah,” terangnya lagi.

Seharusnya, Jokowi tidak menampung elite-elite parpol yang telah gagal di DPR RI untuk memenangkan kepentingan pemerintahan saat ini.

JAKARTA - Pengamat politik Arbi Sanit menilai, banyak figur lemah di Kabinet Kerja bentukan Jokowi-JK. Ini akan berdampak pada kinerja pemerintahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News