Pengamat: Saatnya JK Turun Gunung Menyelamatkan Golkar

Pengamat: Saatnya JK Turun Gunung Menyelamatkan Golkar
Wapres Jusuf Kalla. Foto: Ist/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Emrus Sihombing menilai, ada yang menarik dari pandangan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham, terkait kasus Ketua Umum Golkar Setya Novanto dengan segala kontroversi yang ada.

Menurut Emrus, pandangan JK agar Golkar segera mencari ketua umum yang baru, merupakan pemikiran reformis yang dapat membawa perubahan dinamis di tubuh Golkar. Paling tidak untuk menyikapi, mengantisipasi dan mengatasi berbagai persoalan terkait kerja politik Golkar ke depan, sebagai konsekuensi dari dugaan keterlibatan SN dalam kasus korupsi e-KTP.

“Pemikiran JK ini sekaligus menunjukkan bahwa dia sungguh-sungguh memiliki good leadership di semua medan,” ujar Emrus di Jakarta, Jumat (17/11).

Sikap JK tersebut kata Emrus, sangat berbeda dengan sikap Idrus Marham yang sebelumnya menanggapi normatif penilaian JK. Idrus hanya mengatakan, masukan dari berbagai pihak termasuk JK, sangat penting. Namun proses pergantian ketua umum di tubuh Golkar harus sesuai dengan mekanisme yang berlaku di partai berlambang pohon beringin tersebut.

"Pandangan Idrus yang masih berkutat pada landasan normatif, termasuk kategori mekanistis, linear dan lebih cenderung status quo. Sikap ini saya kira sangat tidak memadai ketika Golkar menghadapi persoalan pelik, seperti saat ini," ucap Emrus.

Direktur Eksekutif EmrusCorner ini menduga, sikap yang ditunjukkan Idrus masih menjadi arus utama di tubuh Golkar.

“Saya menilai, sekalipun pandangan JK berlawanan dengan arus utama di tubuh Golkar, namun merupakan solusi terbaik bagi Golkar dalam rangka kerja politik Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Jadi saya kira ini waktunya JK turun gunung untuk menyelamatkan Golkar, " katanya.

Emrus optimistis jika JK turun gunung maka Golkar dapat terselamatkan. Karena memiliki kemampuan politik yang mumpuni. Selain itu JK juga merupakan tokoh senior di Golkar yang sangat dihormati.(gir/jpnn)


Pandangan JK agar Golkar segera mencari ketua umum yang baru, merupakan pemikiran reformis yang dapat membawa perubahan dinamis di tubuh Golkar


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News