Pengamat Sebut NasDem Terlalu Berani Pilih Anies jadi Bakal Capres

Pengamat Sebut NasDem Terlalu Berani Pilih Anies jadi Bakal Capres
Pengamat politik menyebutkan NasDem dalam Rakernas 2022 menetapkan tiga bakal capres di Pemilu 2024, yakni Anies Baswedan, Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo merupakan langkah berani. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio menilai keputusan Rakernas Partai NasDem cukup berani dengan mencalonkan tiga kandidat nonkader sebagai langkah yang patut ditiru oleh partai politik lainnya.

Dia menyebutkan partai politik itu tidak tersandera oleh kader-kadernya sendiri.

"Meskipun tidak masalah mengusung kader internal parpol sendiri, minimal namanya sudah digaungkan oleh partai politik itu sendiri sejak jauh hari," kata Hendri dalam siaran persnya, Sabtu (18/6).

Hendri menyebutkan partai politik seperti PDIP atau Partai Demokrat yang akan mengusung kader internal masing, tetapi harus rela jika sosok tersebut kurang potensial dibanding figur nonparpol.

"Misalnya saja PDIP yang akan mengusung Puan Maharani atau Partai Demokrat yang mau mencalonkan AHY. Ya, bisa saja kalau legowo memunculkan kandidat alternatif misalnya Anies Baswedan yang lebih potensial misalnya secara popularitas, elektabilitas, dan akseptabilitas secara nasional," lanjutnya.

Akademisi Universitas Paramadina itu juga menyebutkan parpol akan bebas dari beban persoalan 'unggah-ungguh' atau 'ewuh-pakewuh' ke partai politik lainnya secara tidak menjadi masalah secara etika politik.

Hal ini lantaran sosok yang akan diusung tidak dimiliki partai politik mana pun.

"Demikian juga jika kemudian figur-figur nonparpol lainnya digaungkan namanya misalnya seperti Andika Perkasa, Erick Thohir, Rizal Ramli atau bahkan jika perlu Susi Pujiastuti sekalipun, menjadi tidak masalah secara etika politik," jelasnya.

Pengamat politik Hendri Satrio menyebutkan NasDem mengambil langkah berani memilih Anies Baswedan menjadi bakal calon presiden 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News