Pengamat Usul Kendaraan Dinas Pemprov DKI Beralih ke Mobil Listrik, Ini Alasannya

Pengamat Usul Kendaraan Dinas Pemprov DKI Beralih ke Mobil Listrik, Ini Alasannya
Mobil listrik Nissan LEAF dipamerkan di acara otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE, BSD City, Tangerang, Selasa (16/11). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Tata Kota Nirwono Joga mengusulkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengganti seluruh kendaraan dinasnya dengan mobil listrik.

Hal itu untuk meminimalisir dampak buruk polusi udara di Ibu Kota.

Hal tersebut diungkapkan Nirwono dalam diskusi daring koordinatoriat wartawan Balai Kota Jakarta (Balkoters Jaya), Kamis (30/12).

Usulan itu disampaikan Nirwono, agar Pemprov DKI bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan rendah emisi.

"Pemprov DKI bisa membuat terobosan agar seluruh kendaraan dinasnya beralih menggunakan kendaraan listrik misalnya," kata Nirwono.

Pengoperasian bus listrik yang sudah dijalankan beberapa bulan terakhir pun dirasa masih sangat kurang untuk mengkampanyekan program penanganan polusi udara di DKI.

Apa lagi, kata dia, Pemprov kerap mengampanyekan penekanan emisi.

"Dinas Lingkungan Hidup bisa mendorong untuk dilaporkan ke pak gubernur bahwa Pemprov DKI siap beralih ke kendaraan listrik. Jadi, (kendaraan listrik) tidak hanya bus Transjakarta saja," ujarnya.

Pengamat Tata Kota Nirwono Joga meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengganti seluruh kendaraan dinas dengan alat transportasi ramah lingkungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News