Pengamat: Visi Muhaimin Identik dengan Jokowi

Pengamat: Visi Muhaimin Identik dengan Jokowi
Ketua Umum DPP PKB sekaligus Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin). Foto: Dok. PKB

jpnn.com, JAKARTA - Peta jalan Indonesia maju versi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar identik dengan visi Presiden Jokowi.

Muhaimin ingin melanjutkan apa yang telah dilakukan Presiden Jokowi selama ini.

Demikian disampaikan pengamat politik dari Universitas Gajah Mada, Mada Sukmajati ketika diminta pandangan terkait pidato awal tahun 2022 Muhaimin Iskandar bertajuk “Peta Jalan Indonesia Maju" pada Selasa (4/1).

Menurut Mada, istilah Indonesia maju itu sebenarnya sangat identik dengan visi Presiden Jokowi menuju negara maju saat perayaan 100 tahun Indonesia pada tahun 2045.

“Saya melihat Pak Muhaimin berupaya meyakinkan publik bahwa visi dia merupakan upaya untuk melanjutkan apa yang telah dilakukan Pak Jokowi. Saya kira apa yang dia gagas merupakan keberlanjutan apa yang dilakukan Pak Jokowi selama ini," kata Mada Sukmajati.

Selain itu, kata Mada Sukmajati, visi Muhaimin menuju Indonesia maju juga merupakan bagian dari apa yang dicita-citakan Nahdlatul Ulama (NU).

Muhaimin berharap kebijakan pemerintah mampu mendorong dan menciptakan peluang bagi seluruh anak bangsa.

“Inklusif itu mewakili NU, Indonesia yang inklusif itu sangat penting bahwa itu memang yang harus dikejar seorang Muhaimin. Sebab, konteks masyarakat yang plural, itu yang sangat menarik," kata dia.

Peta jalan Indonesia maju versi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar identik dengan visi Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News