Pengambilan Bansos Non-Tunai Makin Mudah Saja Ya...

Pengambilan Bansos Non-Tunai Makin Mudah Saja Ya...
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memastikan para penerima manfaat program bantuan sosial (bansos) non-tunai semakin mudah dalam mencairkan bantuan. Hal itu dikarenakan mereka bisa mencairkan bantuan di seluruh ATM bank milik negara

Proses itu memungkinkan dilakukan karena saat ini ada teknologi interkoneksi dan interoperabilitas.

"Ibu-ibu coba cek Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) masing-masing. Di situ tertulis Bank BTN artinya kartu tersebut dikeluarkan Bank BTN. Tapi untuk tarik tunainya tidak harus ke ATM bank tersebut. Ibu juga bisa ke ATM Mandiri, BNI, BRI," kata Mensos di Pendopo Inna, Denpasar, Selasa.

Proses interkoneksi antarbank penyalur bansos nontunai untuk pertama kali ini terwujud berkat dukungan dari Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Dengan adanya interkonesi antar bank maka akses lebih mudah dan luas bagi keluarga penerima manfaat PKH dimanapun mereka berada," tandasnya.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat mengungkapkan selama ini banyak kalangan yang menunggu terwujudnya interkoneksi antar bank HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara).

Dengan kemajuan teknologi yang dicapai oleh bank Himbara, sistem yang dibangun juga memungkinkan sistem locking atau mengunci bansos dan membuka pencairannya sesuai jadwal yang ditetapkan sehingga bansos nontunai lewat KKS bisa tepat jumlah, sasaran dan waktu.

"Penerima PKH akan menerima bansos satu tahun sekaligus di awal tahun. Namun tidak serta merta semuanya boleh diambil, karena pencairannya bertahap 4 kali cair," tandasnya. (dkk/jpnn)


 Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memastikan para penerima manfaat program bantuan sosial (bansos) non-tunai semakin mudah dalam mencairkan


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News