Pengangguran di Jatim Terbesar

Pengangguran di Jatim Terbesar
PENGANGGURAN BARU- Sejumlah buruh PT.Sanken di Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang yang di PHK karena mendirikan serikat kerja menuntut uang pesangon (JAKWAN/TANGSELPOS)
JAKARTA - Jawa Timur tercatat sebagai provinsi dengan jumlah penganggur terbuka terbesar di Indonesia. Berdasar survei ketenagakerjaan nasional terakhir, jumlah pengangguran terbuka di provinsi ini mencapai 407.739 orang. Jumlah angkatan kerja di Jatim juga tertinggi di Indonesia, yakni lebih dari 20,1 juta jiwa.

    

Direktur Pengembangan Pasar Kerja Depnakertrans Reyna Usman memaparkan, posisi dengan jumlah penganggur terbesar kedua adalah Jogjakarta dengan 307.758 orang. “Dari sisi persentase, Jogjakarta menduduki peringkat pertama provinsi dengan jumlah pengangguran terbesar karena total angkatan kerjanya hanya 1,98 juta,” terangnya di Jakarta kemarin.

    

Posisi ketiga dalam daftar provinsi dengan jumlah penganggur terbesar ditempati Jawa Tengah. Pencari kerja di Jawa Tengah berjumlah 300.509 orang dengan jumlah angkatan kerja berdasar survei Sakernas 2008 mencapai 17,3 juta jiwa. Secara mengejutkan, DKI Jakarta hanya tercatat memiliki 41.559 pengangguran meski angkatan kerjanya lebih dari 4,6 juta jiwa.

    

Angka pencari kerja yang tercatat di Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi berasal dari jumlah pemohon kartu kuning di dinas ketenagakerjaan setiap kabupaten/kota. Sedangkan definisi penganggur menurut Sakernas adalah penduduk usia kerja yang tidak bekerja atau tidak mempunyai pekerjaan, namun bersedia bekerja dan sedang mencari pekerjaan atau mempersiapkan usaha.

    

JAKARTA - Jawa Timur tercatat sebagai provinsi dengan jumlah penganggur terbuka terbesar di Indonesia. Berdasar survei ketenagakerjaan nasional terakhir,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News