Pengangguran Tinggi, Pertumbuhan Ekonomi Dinilai Semu

Pengangguran Tinggi, Pertumbuhan Ekonomi Dinilai Semu
Pengangguran Tinggi, Pertumbuhan Ekonomi Dinilai Semu
JAMBI – Meski mengalami peningkatan cukup tajam, namun pertumbuhan ini dinilai semu. Mengingat, sepanjang tahun 2011, sektor pertambangan dan penggalian memberi kontribusi 23,1 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jambi. Pertumbuhan yang disokong sektor ini tidak dapat dirasakan manfaatnya secara luas oleh masyarakat Jambi. Apalagi, banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari ratusan aktivitas tambang di Jambi.

Demikian dikatakan Ketua Fraksi Gerakan Keadilan DPRD Provinsi Jambi, Henri Masyhur menyikapi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Jambi Tahun Anggaran 2011 di DPRD Provinsi Jambi.

“Tiap satu persen sumbangan sektor pertambangan bagi PDRB, sesungguhnya menutup ribuan lapangan kerja baru karena beberapa faktor yang ditimbulkannya,” ujar Henri.

Dirinya mencontohkan, adanya perubahan bentang alam akibat penambangan ini. Sehingga sulit direklamasi untuk kepentingan ekonomi rakyat. Demikian juga halnya, dengan kerusakan jalan akibat kendaraan bertonase berat. “Sementara serapan tenaga kerja terbilang sedikit. Karena usaha pertambangan terbilang padat modal,” sambungnya.

JAMBI – Meski mengalami peningkatan cukup tajam, namun pertumbuhan ini dinilai semu. Mengingat, sepanjang tahun 2011, sektor pertambangan dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News