Pengangkatan Gus Yaqut jadi Menag Menuai Apresiasi Masyarakat Internasional

Pengangkatan Gus Yaqut jadi Menag Menuai Apresiasi Masyarakat Internasional
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (HO Kementerian Agama)

jpnn.com, JAKARTA - Organisasi partai lintas negara Centrist Democrat International (CDI) mengucapkan selamat kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) atas pengangkatan Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut sebagai Menteri Agama RI.

"Pengangkatan Mr Qoumas menunjukkan peran esensial yang dijalankan oleh PKB dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan kontribusinya bagi kesentosaan masyarakat Indonesia secara luas," ujar Presiden CDI Andres Pastrana dan Sekjen CDI Antonio Isturiz dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Sabtu (30/1).

CDI memandang Yaqut Cholil sebagai salah seorang inisiator Gerakan Global Humanitarian Islam dapat membangkitkan harapan besar untuk membangun aliansi internasional dalam mendorong terwujudnya tata dunia yang tertib hukum.

Selain itu, CDI yakin ditunjuknya Yaqut dapat menjadi jalan realisasi tekad Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Gus AMI memastikan Indonesia mengambil peran dan kontribusi untuk masa depan kemanusiaan dan peradaban dunia, seperti yang disampaikan dalam pidatonya pada Pertemuan Komite Eksekutif di Yogyakarta pada 23 Januari 2020.

PKB menjadi anggota CDI, yakni sebuah koalisi politik internasional beranggotakan lebih dari 150 partai politik dari berbagai negara di seluruh dunia, pada 2018.

Kaukus CDI di Eropa, European People’s Party (EPP), memenangi pemilu terakhir dan memegang mandat pemerintahan Uni Eropa saat ini.

Sejak itu PKB telah menggolkan tiga resolusi yang diterima secara aklamasi oleh CDI.

Resolusi-resolusi itu diusung dalam konteks Gerakan Global Islam untuk Kemanusiaan (Humanitarian Islam).

Organisasi partai lintas negara mengucapkan selamat kepada Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut yang diangkat sebagai Menteri Agama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News