Pengawas Ketenagakerjaan Tinjau Proyek MRT Lebak Bulus

Pengawas Ketenagakerjaan Tinjau Proyek MRT Lebak Bulus
Direktur Jenderal PPK & K3 Sugeng Priyanto di lokasi proyek MRT di Lebak Bulus, Jakarta pada Senin (5/3). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PPK & K3) meninjau proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (5/3). Peninjauan ini  untuk memastikan penerapan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lokasi proyek terlaksana dengan baik.

“Kami ingin pastikan norma-norma ketenagakerjaan ini diaplikasikan selama proyek ini. Yang menjadi prioritas kami saat ini adalah aspek keselamatan kesehatan kerja terutama di sektor konstruksi yang rentan terjadinya kecelakaan kerja,” kata Direktur Jenderal PPK & K3 Sugeng Priyanto di lokasi proyek MRT di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Sugeng dalam kesempatan itu juga meminta kepada seluruh perusahaan baik milik negara ataupun swasta untuk benar-benar memastikan masalah norma ketenagakerjaan dan K3. Dia mewanti-wanti perusahaan dan serikat pekerja untuk terus membina para pegawai agar  memiliki kesadaran mengenai K3.

“Semua program pembangunan harus didukung dengan penerapan K3 supaya pelaksanaannya jangan sampai menimbulkan kecelakaan dan penyakit akibat kerja, “ kata Sugeng.

Lebih lanjut Sugeng mengatakan, salah satu penyebab kecelakaan kerja adalah belum optimalnya pengawasan, pelaksanaan serta perilaku K3 di tempat kerja. Karena itu, perlu upaya nyata untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan maupun penyakit akibat kerja secara maksimal.

Seusai melakukan peninjauan, Sugeng mengatakan pihaknya mendapat kesan bahwa manajemen proyek MRT di Lebak Bulus telah menerapkan sistem manajemen K3 (SMK3) secara baik. Terbukti, sampai dengan hari ini menurut catatan belum pernah terjadi kecelakaan dalam proyek MRT Jakarta.

“Memang kami harapkan tidak terjadi lagi kecelakaan kerja. Namun tidak ada jaminan juga kalau sudah dicek terus menjadi zero accident (tanpa kecelakaan). Ini berpulang kepada kita semua,  saya harap aktor-aktor ketenagakerjaan dan pekerja di lapangan dapat melaksanakan dan mengimplementasikan SMK3 dengan baik,” tuturnya.
 
Sugeng menegaskan, untuk meraih zero accident tidak cukup hanya dengan mengandalkan pengawas ketenagakerjaan. Sebab, hal itu juga menuntut kesadaran para pekerja di lapangan.

“Bahwa keselamatan kerja pada akhirnya terpulang kepada saudara sekalian, kepada kita semua. Bukan hanya di pundak para pengawas ketenagakerjaan,” ujarnya.

Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PPK & K3) Kemnaker meninjau proyek MRT Jakarta di Lebak Buklus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News