Pengembangan Materi jadi Kunci Kesuksesan POP Putera Sampoerna Foundation

Pengembangan Materi jadi Kunci Kesuksesan POP Putera Sampoerna Foundation
Senior Director Putera Sampoerna Foundation Elan Merdy di Gedung Kesenian Gde Manik, Kabupaten Buleleng, Bali, Selasa (3/10). Foto: Firda Junita/JPNN.com

jpnn.com - BALIPutera Sampoerna Foundation (PSF), institusi bisnis sosial yang berfokus pada pengembangan pendidikan, merupakan salah satu lembaga yang menjalankan program organisasi penggerak (POP) secara mandiri.

POP yang dijalankan di bawah naungan School Development Outreach (SDO), merupakan satu dari sekian banyak program PSF untuk memajukan kualitas pendidikan Indonesia.

Senior Director Putera Sampoerna Foundation, Elan Merdy menjelaskan POP merupakan program inisiatif di 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), dalam upaya mengimplementasikan kurikulum merdeka di Indonesia. Tujuannya meningkatkan kualitas literasi dan numerasi di Indonesia.

"Dengan sigap kami dari Putera Sampoerna Foundation menyerahkan seluruh jiwa raga kami untuk mendukung program tersebut karena dengan satu dasar kami percaya literasi, numerasi, adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kualitas murid-murid kita," kata Elan Merdy di Gedung Kesenian Gde Manik, Kabupaten Buleleng, Bali, Selasa (3/10).

Periode Oktober 2021-Agustus 2023, Putera Sampoerna Foundation menjalankan POP dengan mengembangkan dan menerapkan materi-materi yang dapat membantu meningkatkan kualitas pemahaman literasi, numerasi, dan penguatan karakter melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Ada lima sekolah menengah pertama (SMP) yang yang didampingi PSF untuk POP.

Terdiri dari tiga sekolah di Bali, yakni SMP Negeri 8 Singaraja, Buleleng, SMPN 1 Payangan, Gianyar, dan SMPN 1 Kintamani.

Kemudian, dua sekolah di Sulawesi Selatan, yakni SMPN 1 Tompobulu, Bantaeng dan SMPN 4 Sungguminasa, Gowa.

Pengembangan materi menjadi kunci kesuksesan POP yang dijalankan oleh Putera Sampoerna Foundation.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News