Pengetahuan Kepemiluan Penyelenggara Pemilu Masih Rendah

Pengetahuan Kepemiluan Penyelenggara Pemilu Masih Rendah
Ilustrasi - Warga menggunakan hak pilih di pemilu. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintah Universitas Gadjah Mada (UGM) Abdul Gaffar Karim mengatakan pemahaman kepemiluan penyelenggara pemilu di Indonesia masih rendah.

Karena itu, para pemangku kepentingan perlu untuk terus meningkatkan pemahaman para penyelenggara, terutama yang bertugas di lapangan.

"Kurangnya pengetahuan yang terstruktur dan kompetensi para pihak penyelenggara pemilu, telah menjadi persoalan dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu di Indonesia," ujar Abdul Gaffar Karim.

Dia mengatakan hal tersebut pada Seminar Internasional Tata Kelola Pemilu yang digelar di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (29/3).

Seminar mengangkat tema 'Electoral Governance in Indonesia: Adopting Technology, Promoting Transparency, and Enhancing Integrity'.

Abdul Gafur menilai para pemangku kepentingan perlu menyediakan kesempatan pendidikan tinggi tentang tata kelola pemilu bagi para penyelenggara pemilu.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan pengetahuan dan kompetensi penyelenggara pemilu terkait dengan tata kelola pemilu memang menjadi hal yang perlu ditingkatkan, agar pesta demokrasi dapat diselenggarakan dengan lebih baik.

Menurutnya, KPU telah meningkatkan pengetahuan dan kompetensi tata kelola pemilu penyelenggara sejak 2015 lalu.

Pakar ilmu politik menilai pengetahuan kepemiluan penyelenggara pemilu di Indonesia masih rendah.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News