Penggawa Timnas Ini Absen di Liga 1 2019, Begini Alasannya

Penggawa Timnas Ini Absen di Liga 1 2019, Begini Alasannya
Rafi Syarahil (kanan) saat membela Timnas Indonesia di Piala AFF U-22 2019 lalu. Dia absen membela Barito Putera di Liga 1 2019 akibat cedera. Foto: PSSI.org

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu penggawa Timnas Indonesia di Piala AFF U-22 2019, Rafi Syarahil, mengaku harus bersabar untuk kembali berada di lapangan hijau. Maklum saja, Rafi yang merupakan pemain muda Barito Putera itu harus absen panjang selama Liga 1 2019 berlangsung.

Rafi mengalami cedera sebelum Liga 1 2019 bergulir. Maklum saja, cedera yang menderanya terbilang serius yakni ACL dan meniscus. ACL merupakan ligamen (jaringan ikat) di lutut yang sering sekali dialami oleh pesepak bola. Akibat cedera tersebut, Rafi pun melewatkan untuk memperkuat Timnas U-23 Indonesia asuhan Indra Sjafri.

Cedera yang mendera lutut kirinya terjadi saat Barito Putera melakoni uji coba melawan PS Taruna Persada, Sabtu (4/5) lalu. Rafi tampil cukup apik dalam kemenangan 8-0 Barito Putera di Lapangan Madya, Senayan.

Nahas tak dapat ditolak. Dalam laga itu, saat dia mencoba melepaskan diri dari kawalan lawan, Rafi berbalik badan kemudian salah bertumpu. Akibatnya dia tak bisa melanjutkan pertandingan.

Meski cedera dan harus beristirahat lama, Rafi bersyukur karena operasi berjalan lancar. Saat ini tinggal pemulihan. “Alhamdulillah baik. Alhamdulillah operasi lancar,” ungkap Rafi seperti dilansir laman resmi Liga Indonesia. “Saya harus menepi untuk pemulihan kurang lebih 5-6 bulan,” imbuhnya.

Berdasar itu, Rafi hampir pasti melupakan seluruh laga di Liga 1 2019. Andai bisa pulih lebih cepat, pelatih Jacksen F Tiago tentu tidak ingin mengambil risiko dengan langsung memainkannya. Rafi mencoba mengambil hikmah di balik cedera yang dialaminya.

“Ini bukan hal terburuk bagi saya. Karena ini adalah salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah untuk menguji kesabaran saya. Alhamdulillah. Insya Allah saya akan melewatinya,” beber Rafi.

Rafi sendiri mendapat dukungan dari seluruh penggawa Laskar Antasari – julukan Barito Putera. Hal itu diwujudkan manajemen dengan membuat spanduk khusus bertuliskan “Keep Strong Rafi Syarahil. Kami Bersamamu”. Spanduk itu dibentangkan sebelum laga pertama Barito Puteradi Liga 1 2019 menjamu Persija Jakarta.(jpc)


Salah satu penggawa Timnas Indonesia di Piala AFF U-22 2019, Rafi Syarahil mengaku harus bersabar untuk kembali berada di lapangan hijau.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News