Penggunaan E-Katalog Dapat Membantu BUM Desa Makin Berdaya

Penggunaan E-Katalog Dapat Membantu BUM Desa Makin Berdaya
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (depan, tengah) saat hadir dalam Diskusi BUMDes Inspiratif "Mbangun Deso Ngrumat Wargo" di Kampung Mataraman, Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta, Selasa (16/5). Foto: Dokumentasi humas Kemendes PDTT

jpnn.com, YOGYAKARTA - Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar meyakini penerapan e-katalog sebagai salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) makin berdaya.

Menurut Gus Muhaimin yang akrab disapa, dengan digitalisasi produk (e-katalog), BUM Desa dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi dalam pemasaran produk-produk unggulan.

Untuk membiayai pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk untuk pembuatan e-katalog, BUM Desa dapat menggunakan dana desa.

Sebab, desa memiliki kewenangan luas memanfaatkan dana desa untuk program-program yang dapat meningkatkan pemasukan dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Dana desa yang dikelola secara baik oleh badan usaha milik desa atau Bumdes telah terbukti membangkitkan dan menjadi tulang punggung kemajuan dan daya tahan negara,” kata Gus Muhaimin saat menghadiri Bincang BUMDesa Inspiratif yang digelar Ditjen Pengembangam Ekonomi dan Investasi Desa Kemendes PDTT di Kampung Mataraman, Bantul, Yogyakarta, Selasa (16/5) petang.

Dalam dialog tersebut, Gus Muhaimin bercerita sejak dicetuskannya undang-undang desa, terjadi berbagai perdebatan. Bukan hanya substansi, namun juga implementasinya.

Dia mengungkapkan beberapa ahli anggaran termasuk ekonom sempat meragukan kepala desa jadi subyek utama pembangunan yang mengendalikan dan memiliki kewenangan anggaran.

“Beberapa pihak mengkhawatirkan akan terjadi penyelewengan dan sebagainya, tetapi ternyata hanya terjadi beberapa kasus penyalahgunaan namun kasuistil,” ujar Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin meyakini penggunaan E-Katalog membuat BUM Desa dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi dalam pemasaran produk-produk unggulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News