Penggunaan Kontrasepsi Harus Ikut Negara Maju

Penggunaan Kontrasepsi Harus Ikut Negara Maju
Penggunaan Kontrasepsi Harus Ikut Negara Maju
JAKARTA - Indonesia harus mencontoh negara-negara maju dalam menekan pertumbuhan jumlah penduduk. Pasalnya, negara-negara tersebut punya riset yang  memadai untuk kampanye penggunaan alat kontrasepsi.

“Alat kontrasepsi adalah salah satu faktor utama untuk mengontrol angka kelahiran. Jadi sepantasnya Indonesia meniru kesuksesan negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Australia,” ungkap pakar kependudukan, Sugiri Syarief kepada pers, Senin (1/7).

Misalnya, Sugiri melanjutkan, negara negara maju sudah banyak menggunakan alat kontrasepsi dengan metodologi jangka panjang. Jenis kontrasepsi yang dimaksud antara lain perangkat intrauterin (IUD) dan implant.

Mengacu data National Survey of Family Growth yang dirilis beberapa waktu lalu, para peneliti menemukan, sekitar 60 persen wanita Amerika Serikat (AS) menggunakan metode kontrasepsi yang efektif.

JAKARTA - Indonesia harus mencontoh negara-negara maju dalam menekan pertumbuhan jumlah penduduk. Pasalnya, negara-negara tersebut punya riset yang 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News