Penghargaan dari IRRI, Bukti Dunia Akui Keberhasilan Indonesia Swasembada Beras

Penghargaan dari IRRI, Bukti Dunia Akui Keberhasilan Indonesia Swasembada Beras
Presiden Joko Widodo didampangi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di acara penyerahan penghargaan dari IRRI yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Minggu (14/8). Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meraih penghargaan dari Internasional Rice International Rice Research Institute (IRRI) atau lembaga penelitian padi internasional atas pencapaian Indonesia yang berhasil swasembada beras selama tiga tahun terakhir secara berturut-turut.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan tersebut.

Menurutnya, penghargaan tersebut membuktikan Indonesia memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan telah swasembada pangan.

"Inilah yang menyebabkan kenapa Indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah mencapai swasembada pangan," kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Minggu (14/8).

IRRI menilai Indonesia mencapai swasembada karena mampu memenuhi kebutuhan pangan pokok domestik dalam hal ini beras lebih dari 90 persen.

Diketahui, produksi beras nasional dari 2019 konsisten berada di angka 31,3 juta ton, sehingga berdasarkan hitungan BPS jumlah stok akhir pada April 2022 tertinggi di angka 10,2 juta ton.

"Kalau ditanya barangnya ada di mana? Ya ada di masyarakat, di petani, di restoran-restoran dan juga di Bulog. Plus beberapa di industri-industri pangan," terang Jokowi.

Jokowi juga kembali menegaskan komitmen pemerintah meningkatkan produksi nasional dan menjamin ketercukupan pangan di dalam negeri sekaligus memberikan kontribusi bagi kondisi pangan internasional.

Presiden Jokowi meraih penghargaan dari IRRI sebagai bukti dunia mengakui keberhasilan Indonesia swasembada beras

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News