Penghargaan Kota Terbaik dari EBA Ini Didedikasikan untuk BJ Habibie

Penghargaan Kota Terbaik dari EBA Ini Didedikasikan untuk BJ Habibie
Pembangunan Batam yang terencana dan mengikuti Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) sehingga dapat meraih penghargaan dari EBA.

jpnn.com - BATAM - Penghargaan Kota Terbaik (Best City) yang dianugerahkan oleh Europe Business Assembly (EBA) untuk Kota Batam didedikasikan khusus untuk Presiden RI ke-3, BJ Habibie. Pasalnya, Habibie merupakan inisiator dan perancang pembangunan di Batam sejak puluhan tahun silam.

"Penghargaan ini harusnya Pak Habibie yang selayaknya menerima," kata Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan usai kembali dari Swiss dan menerima penghargaan tersebut pada pekan lalu.

Wali Kota menilai, pembangunan Batam yang terencana dan mengikuti Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) sehingga dapat berkembang baik dan pesat merupakan salah satu poin penilaian yang menjadikan kota berbentuk kalajengking ini dapat menerima penghargaan bergengsi level internasional tersebut. 

"Penghargaan ini perlu saya publish, untuk memperlihatkan kepada publik bahwa upaya kita selama ini dihargai oleh orang," ujarnya.

Selain kepada perancang pembangunan Batam, Dahlan juga mendedikasikan penghargaan itu kepada para wali kota pendahulunya. Juga, kata ia, kepada jajaran staf di Pemerintah Kota Batam, para pengusaha, guru, tenaga kesehatan, dan seluruh masyarakat Batam.

Ia menjelaskan, EBA adalah organisasi yang sebagian besar orang-orangnya berasal dari Oxford University. Anggotanya merupakan pakar di berbagai bidang, terutama pengusaha di Eropa. Tahun lalu EBA mengadakan survei dalam beberapa bidang yang dianggap penting bagi perkembangan dunia terutama dalam pembangunan berkelanjutan atau sustainable development. 

"Tanpa kesadaran pembangunan berkelanjutan, maka dunia tidak akan berkembang dengan baik," paparnya.

Menurut Dahlan, kota yang disurvei banyak, mencapai puluhan. Kota-kota ini penduduknya cepat tumbuh karena perkembangan kotanya. Kemudian terseleksi menjadi delapan kota. Dan diundang empat kota untuk hadir dalam pertemuan ini. Selain Indonesia (Batam), juga ada kota dari Turki, Bosnia, dan Kolombia.

BATAM - Penghargaan Kota Terbaik (Best City) yang dianugerahkan oleh Europe Business Assembly (EBA) untuk Kota Batam didedikasikan khusus untuk Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News