Penghargaan PROPER 2022, Wapres Minta Penanganan Perubahan Iklim Harus Bergerak Maju

Penghargaan PROPER 2022, Wapres Minta Penanganan Perubahan Iklim Harus Bergerak Maju
Wapres KH Ma'ruf Amin didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya memberikan keterangan pers seusai acara penyerahan anugerah Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup atau PROPER Tahun 2022 kepada 51 perusahaan peringkat PROPER EMAS di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (29/12/2022). Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menyerahkan secara langsung anugerah Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup atau PROPER Tahun 2022 kepada 51 (lima puluh satu) perusahaan peringkat PROPER EMAS di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Acara ini juga disaksikan melalui Live Streaming di kanal Youtube Kementerian LHK dan Ditjen PPKL.

Selain Wakil Presiden, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya ikut mendampingi memberikan ucapan selamat kepada perusahaan yang telah secara konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan dalam proses produksi dan jasa serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Wapres dalam sambutannya meminta penanganan perubahan iklim harus bergerak maju seiring dengan penanganan berbagai tantangan global lainnya, seperti pengentasan kemiskinan dan pencapaian target SDGs.

Indonesia pun memiliki komitmen yang tinggi di bidang lingkungan dan memberikan perhatian pada penguatan aksi iklim, di antaranya melalui tiga sektor.

“Pertama, Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan target penurunan emisi Indonesia dalam Enhanced Nationally Determined Contributions menjadi 31,89 persen dengan kemampuan sendiri, dan 43,20 persen dengan dukungan internasional di tahun 2030,” tegas Wapres.

Peningkatan target tersebut, lanjut Wapres, didasarkan pada beragam kebijakan nasional terkait perubahan iklim, seperti penerapan pajak karbon, upaya mencapai FOLU Net Sink 2030, mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik, serta inisiasi program biodiesel B40.

Untuk itu, Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri untuk mencapai target tersebut.

Wapres Ma’ruf Amin meminta penanganan perubahan iklim harus bergerak maju seiring penanganan berbagai tantangan global seperti pengentasan kemiskinan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News