Penghormatan Kepada Ayah, Koenigsegg Jesko Lahir Bertenaga 1600 Hp

Penghormatan Kepada Ayah, Koenigsegg Jesko Lahir Bertenaga 1600 Hp
Koenigsegg Jesko. Foto: Koenigsegg

jpnn.com - Koenigsegg Automotive AB sepertinya tidak mau diasapi oleh para rivalnya, Hennessey dan Bugatti. Koenigsegg Jesko pun lahir di lantai geneva Motor Show 2019, dengan klaim letupan tenaga hingga 1600 Hp.

Hypercar jalan raya 'road legal' asal Swedia itu lahir sebagai bentuk penghormatan kepada ayah dari sang bos perusahaan Christian von Koenigsegg, yakni Jesko von Koenigsegg.

Mobil ssuperkencang itu dibekali mesin V8 twin-turbo berkapasitas 5.0L. Di atas kertas, Koenigsegg Jesko diklaim bertenaga 1.280 hp jika meminum bahan bakar bensin. Berbeda lagi jika disuplai biofuel E85, maka tenaganya diklaim bisa melonjak hingga 1.600 Hp.

Paket powertrin Jesko termasuk transmisi 9-percepatan Koenigsegg Light Speed Transmission (LST) sehingga lebih efisien meraih kecepatan tertinggi.

Kemampuan Jesko meraih tenaga puncak tidak lepas dari racikan khusus, seperti crankshaft V8 berdesain flat-plane terbilang ringan di dunia hanya 12,5 kg, ini membuat koenigsegg jesko lebih cepat meraih tenaga dan lebih efisien meski putaran mesin dibatasi 8.500 rpm.

Desain sistem tekanan udara dan tabung udara serat karbonnya memungkinkan memberikan tekanan hingga 20 bar ke ruang turbocharger. Sentakan torsinya 1.500 Nm pada 5.100 rpm, sementara 1.000 Nm sudah ancang-ancang di kisaran 2.700 rpm.

Selain itu, dukungan sis aerodinamika juga berperan penting. Gaya tekannya bisa mencapai hingga 1.000 kg, Active rear-wheel steering. Selain itu mendesain ulang sasis serat karbon dengan ruang kaki lebih luas, ruang kepala dan pandangan lebih leluasa.

Jesko dinyatakan memiliki aerodinamika paling agresif yang pernah dibuat Koenigsegg Automotive AB.

Koenigsegg Automotive AB sepertinya tidak mau diasapi oleh para rivalnya, Hennessey dan Bugatti. Koenigsegg Jesko pun lahir dengan klaim letupan tenaga hingga 1600 Hp.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News