Pengin Ikut Upacara Tanpa Undangan, Pria Berjenggot Ditangkap

Pengin Ikut Upacara Tanpa Undangan, Pria Berjenggot Ditangkap
Sempat dibawa ke kantor polisi. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PONTIANAK - Pria berjenggot inisial Han, 34, ditangkap polisi yang bertugas saat pengamanan upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72 di halaman kantor Gubernur Kalbar, Jalan A. Yani, Pontianak, Kamis (17/8).

Warga Wajok Hulu, Mempawah, itu dicurigai polisi lantaran berjenggot, memakai peci di kepala, serta mengenakan baju lengan panjang berwarna putih dan ingin ikut upacara tanda bawa undangan.

Petugas sempat membawa Han ke pos penjagaan. Di situ lah dilakukan pemeriksaan. Tak hanya identitas, barang privasi berupa dokumen dalam seluler milik Handoko pun diperiksa.

Ternyata, di galeri alat komunikasi tersebut, petugas melihat foto pria itu sedang memegang senjata api (senpi) laras panjang.

Han menyatakan, senpi itu hanya mainan. Polisi yang masih curiga kemudian menghubungi keluarganya.

Untuk penyelidikan lebih lanjut, polisi mendatangi rumah Handoko untuk menggeledah terkait foto airsoft gun tersebut. Juga menginterogasi keluarganya. Hasilnya? Senjata mainan itu memang terbuat dari plastik.

"Dia ikut jamaah tabligh aja, itu senjata yang dipegangnya senjata plastik, bukan senjata beneran, sudah dicek," tutur Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Sugeng Hadi Sutrisno, ditemui Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group) di ruang kerjanya, Jumat (18/8)

Mantan Wakapolresta Banda Aceh itu menyebutkan pria tersebut ingin mengikuti upacara bendera tetapi tidak bisa menunjukkan surat undangan.

Pria berjenggot inisial Han, 34, ditangkap polisi yang bertugas saat pengamanan upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72 di halaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News