Pengin Punya Tubuh Lentur? Yuk Lakukan 5 Cara ini

Pengin Punya Tubuh Lentur? Yuk Lakukan 5 Cara ini
Yoga. FOTO: Laman India Times

jpnn.com - Kelenturan tubuh sangat diperlukan saat Anda mengerjakan aktivitas fisik sehari-hari. Karena itu, menjaga tubuh tetap lentur adalah hal yang harus Anda lakukan.

Dengan memiliki tubuh yang lentur, Anda bisa terhindar dari cedera, seperti sakit punggung.

Selain itu, kelenturan tubuh yang terjaga dengan baik mampu menjaga sendi tubuh agar bisa berfungsi dengan optimal. Nah, bagaimana membangun tubuh yang lentur, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Yoga

Yoga yang kita kenal saat ini adalah bentuk aktivitas fisik yang meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik dan pembentukan postur tubuh.

Aspek-aspek yang menjadi fokus dari latihan fisik melalui yoga adalah latihan kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh.

“Saat berenang atau joging, aspek ketahanan aerobik, jantung dan paru merupakan bagian yang sangat dominan dilatih. Sedangkan pada yoga, yang menjadi aspek penting bukanlah ketahanan jantung dan paru akan tetapi kekuatan otot, ketahanan otot dan fleksibilitas serta kelenturan,” kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

Selain itu, yoga juga dapat menumbuhkan perasaan positif dan menurunkan perasaan negatif. Pikiran yang positif dibutuhkan oleh penderita penyakit kronis untuk tetap optimistis dalam menjalani hidup yang sehat dan berkualitas.

Tidak sulit menjaga tubuh agar selalu lentur, yang Anda perlukan adalah meluangkan waktu untuk rutin berolahraga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News