Penguasaan Bahasa Inggris di Indonesia Rendah

Penguasaan Bahasa Inggris di Indonesia Rendah
Penguasaan Bahasa Inggris di Indonesia Rendah
JAKARTA--Kemampuan linguistik bangsa Indonesia terhadap Bahasa internasional, bahasa Inggris, ternyata masih rendah dibandingkan negara ASEAN lainnya. Sebut saja Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Filipina.

"Di negara ASEAN, yang paling bagus penguasaan Bahasa Inggrisnya adalah Singapore, Brunei, Malaysia, dan Filipina. Berbeda dengan Indonesia, yang masyarakatnya belum banyak menguasai bahasa internasional tersebut," kata Jenny Lee, Director Education Programs ITC dalam ETS Leadership Seminar Series 2011 di Hotel Borobudur, Kamis (13/10).

Kemampuan linguistik terutama Inggris, menurut Jenny, mau tidak mau harus dimiliki masyarakat Indonesia. Apalagi menjelang integrasi ASEAN pada 2015, di mana semua bersifat global. Tenaga kerja maupun produk luar bisa masuk Indonesia, demikian juga sebaliknya.

"Kalau SDM kita tidak memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dikhawatirkan akan tergerus dengan SDM asing," ujarnya.

JAKARTA--Kemampuan linguistik bangsa Indonesia terhadap Bahasa internasional, bahasa Inggris, ternyata masih rendah dibandingkan negara ASEAN lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News