Pengumuman Kelulusan Tes PPPK Ditunda, Said: Hanya Bikin Gaduh

Pengumuman Kelulusan Tes PPPK Ditunda, Said: Hanya Bikin Gaduh
Para peserta tes PPPK Pemprov Kalsel menunggu tim teknis menormalkan server. Foto: SUTRISNO/RADAR BANJARMASIN/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hingga hari ini pemerintah belum mengumumkan kelulusan hasil tes PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).

Pemerintah pusat beralasan masih menunggu kesiapan pemda terutama dari sisi anggaran. Sebab, begitu diumumkan, otomatis gaji PPPK sudah harus diperhitungkan.

Penundaan ini menuai kecaman dari kalangan honorer K2. Pemerintah dinilai tidak serius melakukan rekrutmen PPPK.

"Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) buat gaduh lagi ya. Mau lempar tanggung jawab. Memang begitu kalau kebijakan abal-abal," cetus Anggota Tim 9 Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) Said Amir kepada JPNN, Minggu (3/3).

BACA JUGA: Honorer K2 tak Lolos Passing Grade PPPK Disarankan Lobi Pemda

Dia merasa aneh dengan kebijakan rekrutmen PPPK yang dipaksakan oleh pemerintah. Namun kemudian melempar tanggug jawab ke pemda lewat surat MenPAN-RB tertanggal 1 Maret. Hanya daerah yang sudah siap menggaji PPPK akan diumumkan hasil tes PPPK.

"Kenapa tidak ditunda perekrutan PPPK. Bukan ditunda hasilnya," tegasnya.

Said berpendapat, kebijakan yang dipaksakan seharusnya dicari solusinya. Misalnya dilaksanakan setelah anggarannya dialokasikan dalam APBD. Selain itu, pusat jangan membatasi formasi hanya untuk guru, tenaga kesehatan dan penyuluh.

Pemerintah belum mengumumkan hasil tes PPPK, pimpinan honorer K2 nilai kemenpan RB dan BKN hanya bikin gaduh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News