Pengusaha Apresiasi Ide Jokowi soal Penguatan Daya Saing Produk Ekspor

Pengusaha Apresiasi Ide Jokowi soal Penguatan Daya Saing Produk Ekspor
Pengusaha Apresiasi Ide Jokowi soal Penguatan Daya Saing Produk Ekspor

jpnn.com - JAKARTA - Penampilan Joko Widodo dalam debat calon presiden bertema politik luar negeri dan ketahanan nasional yang digelar Minggu (22/6) malam ternyata membangkitkan optimisme di kalangan pengusaha. Pernyataan Jokowi -sapaan akrab Joko Widodo- tentang komitmennya memperkuat daya saing ekspor di pasar internasional dengan mendorong para Duta Besar RI menjadi marketer dianggap sebagai sinyal positif bagi para pengusaha.

Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Franky Sibarani, ide Jokowi tentang menjadikan para Dubes RI sebagai pemasar bakal menjadi terobosan besar yang menggairahkan para pengusaha. Franky mengakui bahwa selama ini 80 persen urusan Dubes RI hanya untuk politik, sedangkan yang berperan membantu pengusaha Indonesia hanyalah atase perdagangan.

“Kalau dubesnya saja marketing, otomatis seluruh struktur di kedubes RI akan mendorong transaksi. Para dubes jadi bertanggung jawab agar barang kita laku," kata Franky di Jakarta, Senin (23/6).

Dipaparkannya, APINDO sebenarnya sudah lama mengharpakan pemerintah bisa benar-benar membantu para pelaku bisnis tanah air berurusan dengan negara lain. Harapannya ketika para pengusaha mengalami persoalan saat berbisnis di negara lain, para Dubes RI langsung turun tangan.

Menurut Franky, sosok Jokowi yang menang pengusaha mebel dan sering mengekspor barang ke luar negeri tentu sangat paham persoalan yang dihadapi pengusaha dalam negeri saat berurusan dengan mitra bisnis di negara lain. Karenanya Franky meyakini pernyataan Jokowi itu bukan janji kosong.

“Kalau ada calon pemimpin memberi janji, itu satu hal. Namun karena yang berjanji ini (Jokowi) pernah berkecimpung dalam dunia ekspor dan melakukan bisnis internasional, maka kita percaya," kata Franky.

Selain itu Franky juga melihat sebenarnya Jokowi memang punya komitmen mendorong pengusaha lokal bisa mendunia. Franky melihat komitmen itu sudah diperlihatkan Jokowi baik saat memimpin Solo maupun DKI Jakarta.

“Kita tahu Jokowi saat jadi Wali Kota Solo dan gubernur di DKI selalu mendorong pengusaha lokal ikut pameran internasional. Kita percaya karena itu sudah dibuktikannya. Dia riil, bukan hanya kata-kata kosong,” pungkas Franky.

JAKARTA - Penampilan Joko Widodo dalam debat calon presiden bertema politik luar negeri dan ketahanan nasional yang digelar Minggu (22/6) malam ternyata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News