Pengusaha AS Usulkan Transportasi Kecepatan Suara

Pengusaha AS Usulkan Transportasi Kecepatan Suara
Pengusaha AS Usulkan Transportasi Kecepatan Suara

jpnn.com - NEW YORK--Pengusaha Amerika, Alan Musk, mengajukan konsep transportasi yang memiliki kecepatan mendekati kecepatan suara. Moda transportasi ini dinamai "Hyperloop," dan jika terwujud bakal menghubungkan Los Angeles serta California yang berjarak 610 km dengan waktu 30 menit saja.

Hyperloop digerakkan dengan menggunakan magnet dan kipas untuk melontarkan kursi-kursi dalam kapsul melalui tabung yang panjang. Namun Musk mengaku terlalu sibuk jika harus mengembangkan proyek ini sendirian.

Menurut BBC (13/8), dalam sebuah makalah yang menguraikan konsep Hyperloop, Musk mengajukan sistem tenaga surya bisa lebih cepat, aman, murah, dan efisien untuk digunakan dalam sistem transportasi antara Los Angeles dan San Francisco dari pada kereta api berkecepatan tinggi yang saat ini sedang dikembangkan.

"Satu-satunya pilihan untuk perjalanan supercepat adalah untuk membangun sebuah tabung atas atau di bawah tanah dengan menciptakan lingkungan khusus," tulisnya.

Musk menaksir investasi model seperti ini dapat mencapai USD 6 miliar atau sekitar Rp 60 triliun. Pembuatan prototipe bisa memakan waktu sekitar empat tahun.

Kapsul dapat diberangkatkan tiap 30 detik sekali dan juga dapat membawa kendaraan personal di dalamnya, dengan kecepatan 1.220 km per jam, mendekati kecepatan suara.

Penumpang yang duduk di kabin di dalam kapsul akan mengalami sedikit pengaruh seperti gaya gravitasi. Musk mengatakan rasanya lebih seperti berada di pesawat terbang dari pada roller coaster.

Ia menambahkan pihaknya kemungkinan akan membangun sebuah prototipe, tetapi tidak segera, karena ia sibuk dengan proyek ruang angkasa komersial SpaceX miliknya.

NEW YORK--Pengusaha Amerika, Alan Musk, mengajukan konsep transportasi yang memiliki kecepatan mendekati kecepatan suara. Moda transportasi ini dinamai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News