Penilai Akreditasi Prodi Tak Mumpuni

Pesimis Akreditasi 6000 Prodi Kelar 2012

Penilai Akreditasi Prodi Tak Mumpuni
Penilai Akreditasi Prodi Tak Mumpuni
JAKARTA –Ketua Umum Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (BP PTSI) Thomas Suyatno mengaku pesimis 6000 program studi (prodi) akan selesai diakreditasi di tahun 2012. Menurutnya, target tak akan tercapai jika tidak ada perubahan manajemen di internal Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

“Kami tidak yakin proses akreditasi sebanyak 6000 prodi yang masih antre akan selesai di tahun 2012 jika tidak ada perubahan mekanisme kerja dan manajemen di dalam tubuh BAN-PT. Menurut saya, bukannya selesai malah dipastikan akan semakin menumpuk,” ungkap Thomas Suyatno kepada JPNN di Jakarta, Jumat (24/12).

Menurutnya, hingga saat ini para anggota tim penilai (assesor) akreditasi milik BAN PT tidak memenuhi syarat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya assesor belum berpengalaman di organisasi. Misalnya, assesor tidak pernah menjadi ketua prodi. “Bagaimana mau menilai kalau mereka tidak mengerti mengenai prodi yang akan dinilai,” cetusnya.

Suyatno mengimbau agar di dalam proses rekrutment assesor harus mempertimbangkan berbagai aspek. “Jika tidak dilakukan perbaikan terhadap BAN PT maka proses akreditasi seluruh Prodi hingga 2012 tidak akan selesai. Dalam masalah ini, BAN PT yang sebagai satu-satunya badan yang melakukan akreditasi berjalan sangat lambat,” ujarnya.

JAKARTA –Ketua Umum Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (BP PTSI) Thomas Suyatno mengaku pesimis 6000 program studi (prodi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News