KKP Miliki Tiga Profesor Riset Baru

KKP Miliki Tiga Profesor Riset Baru
KKP Miliki Tiga Profesor Riset Baru
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) miliki tiga profesor riset baru di bidang kelautan dan perikanan. Sidang Majelis Profesor Riset KKP dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengukuhkan Dr. Haryanti, MS sebagai profesor di bidang akuakultur, Dr.Ir. Wudianto, M.Sc di bidang teknologi penangkapan dan perikanan tangkap, dan Dr. Ali Suman di bidang sumberdaya dan lingkungan di Gedung KKP, Jakarta, kemarin.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad berharap, penelitian di bidang kelautan perikanan terus dikembangkan dan disebarluaskan. "Para peneliti juga harus menghasilkan teknologi yang mudah, murah, cepat, dan siap diterapkan di lapangan," katanya dalam sambutannya.

Menurut Fadel, capaian prestasi KKP selama setahun terakhir melebihi target produksi. Hal ini tentunya tidak lepas dari andil para peneliti dan para profesor yang melakukan riset dengan baik. "Kendala yang masih terjadi di KKP adalah dari perikanan tangkap yang hanya naik 0.5 persen, karena alat tangkap, ombak besar, ini menjadi kesulitan kita selama ini. Itu sebabnya kita maksimalkan dan terus mendorong sektor budidaya," urai pria berkacamata itu.

Dijelaskan, tingginya permintaan pasar udang, membuat pihaknya kembali meningkatkan target pada 2011 yakni minapolitan. Menurut Fadel, teknologi yang sederhana namun efektif akan memicu usaha kelautan dan perikanan berbasis iptek. Hal ini sangat diperlukan dalam pengembangan minapolitan. (nel)

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) miliki tiga profesor riset baru di bidang kelautan dan perikanan. Sidang Majelis Profesor Riset

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News