Penjabat Gubernur Jateng Pastikan Tanggul Jebol Sungai Wulan di Demak Berhasil Ditutup

Penjabat Gubernur Jateng Pastikan Tanggul Jebol Sungai Wulan di Demak Berhasil Ditutup
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan tinjauan kondisi Kabupaten Demak pascabanjir, Jumat (22/2024). Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, DEMAK - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memastikan kondisi empat titik tanggul sungai wulan di Kabupaten Demak sudah berhasil ditutup. Namun, saat ini masih proses penguatan.

“Saat ini sudah ditutup, dan bisa dikatakan tinggal penguatan saja,” kata Nana Sudjana seusai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan tinjauan kondisi Kabupaten Demak pascabanjir, Jumat (22/2024).

Selama proses penguatan tanggul, lanjut Nana, akan tetap dilakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau rekayasa cuaca.

Hal ini sudah dikomunikasikan pihaknya dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG).

“Untuk pelaksanaan rekayasa cuaca, ini akan dilaksanakan sampai dengan tanggul ini betul-betul siap, dan tanggul ini sudah betul-betul diperkuat. Setelah itu baru nanti rekayasa cuacanya dicabut,” ujar Nana.

Nana menilai rekayasa cuaca yang berhasil dilaksanakan beberapa hari ini, mampu membantu mengurangi debit air di wilayah terdampak banjir.

Senyampang dengan itu, penyedotan air di wilayah banjir juga dilakukan agar cepat surut.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pengerjaan tanggul yang jebol dilakukan selama empat hari berturut-turut, siang dan malam. Hasilnya, tanggul sepanjang 16 meter yang jebol sudah berhasil tertutup.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memastikan kondisi empat titik tanggul sungai wulan di Kabupaten Demak sudah berhasil ditutup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News