Penjahat Siber Masih Menargetkan Serangan ke UMKM

Penjahat Siber Masih Menargetkan Serangan ke UMKM
Hacker. Ilustrasi: Daily Telegraph/Alamy

jpnn.com, JAKARTA - Meski ada penurunan, serangan siber pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia masih menjadi target utama oleh para hacker.

"Menurunnya deteksi ransomware di kawasan ini seharusnya tidak membuat terlena. Grup ransomware sekarang lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas," kata General Manager Kaspersky Asia Tenggara, Yeo Siang Tiong, dalam siaran pers, Selasa.

Laporan Kaspersky Security Network menemukan upaya ransomware di kawasan Asia Tenggara pada 2020 menurun dibandingkan 2019, termasuk untuk Indonesia.

Kaspersky mendeteksi ada 439.743 upaya serangan ransomware di Indonesia pada 2020, jumlahnya turun signifikan dibandingkan 2019 sebanyak 1.158.837.

Tren penurunan serangan ransomware juga terjadi di Thailand, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Kaspersky melihat tren ini akibat penurunan jumlah deteksi ransomware Wannacry, yang cukup mendominasi dari ransomware yang terdeteksi.

Ransomware merupakan malware yang menginfeksi komputer, kemudian ia akan mengenkripsi data dan memblokir akses pengguna.

Penyerang akan meminta tebusan agar korban bisa kembali mengakses data dan sistem.

Meski ada penurunan, serangan siber pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia masih menjadi target utama oleh para hacker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News