Penjelasan Dirut PT LIB Terkait Wacana Penerapan VAR di Liga 1 2020

Penjelasan Dirut PT LIB Terkait Wacana Penerapan VAR di Liga 1 2020
Dirut PT LIB Cucu Somantri (tengah) bersama Komisaris PT LIB Sonhadji (kiri) dan Direktur Kompetisi PT LIB Sudjarno. Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi di Indonesia memastikan keinginan untuk menggunakan Video Assistant Referee (VAR) tak mungkin dilaksanakan pada Liga 1 2020.

Dirut PT LIB Cucu Somantri mengakui memang sempat ada usulan penggunaan VAR di kompetisi Indonesia agar bisa lebih maksimal bagi pengadil pertandingan untuk mengambil keputusan. Hanya, di Liga 1 2020, fasilitas dan sumber daya manusia pendukung teknologi tersebut belum dimiliki oleh PSSI.

"Untuk VAR, belum bisa kami gunakan. Sebab, tidak gampang menggunakan VAR ini, perlu ada operator dan SDM khusus," katanya, usai Managers Meeting Liga 1 2020 di Senayan, Jakarta, Rabu (19/2).

Cucu juga menjelaskan, bahwa pihaknya telah bertemu dengan perwakilan FIFA dan AFC untuk membahas penggunaan VAR di Indonesia serta menyiapkan pelatihannya.

"Ini tidak gampang, sehingga perlu pelatihan selama sembilan bulan yang dibagi tiga tahap. Mudah-mudahan tahun depan bisa dioperasionalkan," papar pria yang juga Waketum PSSI tersebut.(dkk/jpnn)

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi di Indonesia memastikan keinginan untuk menggunakan Video Assistant Referee (VAR) tak mungkin dilaksanakan pada Liga 1 2020.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News