Penjelasan Kemenlu soal Arab Saudi Amankan Habib Rizieq

Penjelasan Kemenlu soal Arab Saudi Amankan Habib Rizieq
Habib Rizieq Shihab diklarifikasi polisi Arab Saudi soal bendera tauhid. Foto: dari Kapitra Ampera untuk JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah mengonfirmasi kabar yang menyebut kepolisian Arab Saudi sempat mengamankan Muhamad Rizieq Shihab, Selasa (6/11). Menurut Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir, kepolisian di negeri kerajaan itu mengamankan Rizieq gara-gara ada bendera mirip lambang ISIS di depan tempat tinggalnya di Mekah.

Arrmanatha mengungkapkan, ada warga Arab Saudi yang melapor ke kepolisian setempat setelah melihat bendera mirip lambang ISIS di depan tempat tinggal imam besar Front Pembela Islam itu. "Dari hasil penelusuran diperoleh konfirmasi  bahwa MRSdimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Mekah," kata dia dalam keterangan yang diterima media, Rabu (7/11).

Arrmanatha menambahkan, Kemenlu sudah turun tangan. Menurutnya. Konsulat Jenderal Republik Indonesia KJRI) di Jeddah sudah memberikan pendampingan kekonsuleran kepada Rizieq.

Menurut Arrmanatha, otoritas Arab Saudi telah mengizinkan tokoh yang kondang dengan panggilan Habib Rizieq itu pulang ke rumahnya Lebih lanjut kata Arrmanatha, Rizieq telah diizinkan oleh otoritas keamanan Saudi untuk kembali ke rumahnya di Mekah tadi malam sekitar pukul 20.00.

"Tentunya hukum dan aturan setempat harus dihormati," kata dia.(tan/jpnn) 


Ada warga Arab Saudi yang melapor ke polisi setelah melihat bendera mirip lambang ISIS di depan tempat tinggal Habib Rizieq di Mekah.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News