Penjelasan Terbaru Menpan-RB Asman Abnur soal Rekrutmen CPNS

Penjelasan Terbaru Menpan-RB Asman Abnur soal Rekrutmen CPNS
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Radar Tarakan/JPNN.com

jpnn.com, TARAKAN - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur mengatakan, hingga saat ini formasi CPNS yang diusulkan daerah masih digodok agar hasilnya benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

“Tahun ini rencananya, Mei kita sudah tetapkan formasinya. Kemudian setelah pilkada serentak yang diikuti 171 daerah pada Juni nanti baru kita laksanakan tes,” ungkap Asman kepada Radar Kaltara (jawa Pos Group) saat ditemui di rumah jabatan Gubernur Kaltara, Senin (19/3).

Jadi, kata dia, akhir tahun CPNS yang dinyatakan lulus seleksi sudah menerima surat keputusan (SK) pengangkatannya.

Disinggung apakah Kaltara dipastikan akan dapat jatah formasi lagi tahun ini, Asman mengatakan tergantung dengan beban kerja dan target kinerja yang harus dicapai. Karena harus fokus pada konsentrasi pembangunan di daerah.

Artinya, jika fokus suatu daerah untuk membangun infrastruktur, maka harus merekrut pegawai yang latar belakangnya di bidang tersebut. Itu yang ingin didetailkan dulu agar CPNS yang diterima tidak hanya lulus secara administratif.

“Ini yang harus kita ukur terlebih dahulu sebelum ditetapkan. Sehingga nanti CPNS tersebut betul-betul bermanfaat untuk daerah dan bisa mendukung menjalankan visi dan misi kepala daerahnya,” kata dia.

Namun demikian, dirinya menegaskan untuk provinsi termuda di Indonesia ini akan diprioritaskan untuk mendapatkan formasi CPNS. Pastinya diharapkan usulan yang masuk ke Kemenpan-RB benar-benar dibutuhkan untuk daerah.

Selain itu, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang dibutuhkan untuk membuat laporan keuangan daerah juga tetap diprioritaskan untuk kebutuhan di Kaltara. Termasuk juga lulusan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dan pelayaran.

Menpan-RB Asman Abnur mengatakan, saat ini usulan formasi CPNS yang diusulkan daerah masih dalam tahap penggodokan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News