Penjualan Emas Moncer, Antam Raih Laba Sebegini

Penjualan Emas Moncer, Antam Raih Laba Sebegini
Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam terpantau cocok untuk investasi. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Aneka Tambang (ANTAM) sepanjang 2022 berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja operasional dan keuangan yang positif.

Dirut ANTAM Nico Kanter menjelaskan capaian pertumbuhan tersebut didukung upaya perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja produksi dan penjualan komoditas utama berbasis nikel, emas dan bauksit di tengah kondisi pemulihan ekonomi global, serta outlook positif komoditas logam dasar dan logam mulia sepanjang 2022.

Pencapaian kinerja positif ini juga tidak terlepas dari komitmen ANTAM dalam mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang tercermin dari capaian zero fatality di tahun 2022.

"ANTAM mencatatkan laba tahun berjalan 2022 sebesar Rp 3,82 triliun, tumbuh signifikan 105% dibandingkan laba tahun berjalan tahun 2021 sebesar Rp1,86 triliun. Hal ini menunjukan performa ANTAM dalam menjaga kesinambungan produksi dan penjualan pada tingkat yang optimal di tengah kondisi global yang ada," ujar Nico Kanter.

Sepanjang 2022, ANTAM mencatatkan nilai penjualan bersih sebesar Rp 45,93 triliun dengan kontribusi dominan berasal dari penjualan bersih domestik sebesar Rp 36,58 triliun atau setara 80% dari total penjualan bersih ANTAM di 2022.

ANTAM memperkuat basis pelanggan di dalam negeri, terutama pemasaran produk-produk emas, bijih nikel dan bauksit di tengah apresiasi positif pertumbuhan penyerapan komoditas logam dasar dan mulia di dalam negeri yang didukung penguatan harga komoditas yang positif.

Sebagai anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, ANTAM terus melakukan inovasi dalam menjalankan bisnis dengan fokus pada peningkatan nilai tambah produk, optimalisasi tingkat produksi dan penjualan, serta implementasi strategi pengelolaan biaya yang tepat dan efisien, dalam memaksimalkan imbal hasil dari komoditas nikel, emas, dan bauksit.

"Tahun ini, ANTAM terus berupaya mengoptimalkan kinerja operasi di seluruh komoditas inti dengan menerapkan good mining practices dan operation excellent," seru Nico.(chi/jpnn)

Pencapaian ini menunjukan performa ANTAM dalam menjaga kesinambungan produksi dan penjualan pada tingkat yang optimal di tengah kondisi global yang ada.


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News