Penjualan Meningkat, Laba Lenovo Naik 28,7 Persen

Penjualan Meningkat, Laba Lenovo Naik 28,7 Persen
Foto Reuters

jpnn.com - BEIJING - Produsen smartphone Tiongkok, Lenovo Group Ltd, membukukan pertumbuhan laba bersih 29 persen hingga Maret 2014. Penjualan produk smartphone yang kuat di luar negeri turut membantu menopang pertumbuhannya yang melemah di pasar domestik.

Penjual smartphone terbesar keempat di dunia itu, melakukan ekspansi ke produk ponsel pintar dan tablet untuk mengimbangi penurunan penjualan komputer pribadi (PC) yang selama beberapa tahun menjadi andalannya. Lenovo pun mengakuisisi produsen perangkat mobile Motorola Mobility milik Google Inc senilai USD 2,9 miliar.

Menurut Reuters, Rabu (21/5), Lenovo menjadi salah satu merek global pada 2005 setelah membeli divisi PC dari International Business Machines (IBM) beserta servernya dengan nilai pembelian USD 2,3 miliar untuk memerangi lambatnya penjualan komputer tradisional.

"Distribusi smartphone mencapai rekor tertinggi dengan pengiriman lebih dari 50 juta unit untuk tahun fiskal 2013. Ini tumbuh 72 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya karena didorong pertumbuhan yang kuat di China dan pasar negara berkembang," ujar sumber perusahaan dalam pernyataannya.

Namun, akuisisi tersebut tidak memiliki dampak yang signifikan pada pencapaian laba bersih hingga awal tahun ini. Laba Lenovo naik 28,7 persen menjadi USD 817,2 juta dari total pendapatan yang meningkat 14,3 persen menjadi USD 38,7 miliar.(esy/jpnn)

 


BEIJING - Produsen smartphone Tiongkok, Lenovo Group Ltd, membukukan pertumbuhan laba bersih 29 persen hingga Maret 2014. Penjualan produk smartphone


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News