PENS Surabaya ke Kontes Robot Asia-Pasifik

PENS Surabaya ke Kontes Robot Asia-Pasifik
PENS Surabaya ke Kontes Robot Asia-Pasifik
MALANG - Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) memastikan melaju ke kontes Robot Tingkat Asia Pasifik setelah pada final Kontes Robot Indonesia (KRI) 2010  mengalahkan tim robot dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Tim Robot Mio-rEi dari PENS akan mewakili Indonesia pada kontes serupa tingkat Internasional se Asia Pasifik, ABU Robocon 2010 pada 19 September 210 di Kairo, Mesir. Tim ini juga memboyong piala bergilir KRI dari Menteri Pendidikan Nasional.

Melengkapi penghargaan yang diterima, Mio-rEi dinobatkan sebagai robot dengan strategi terbaik.Pada pertandingan di babak final, Tim Robot Mio-rEi, dengan cekatan berhasil menyelesaikan tugas menyusun balok-balok menyerupai bangunan candi. Robot pertama dikendalikan oleh peserta, sedangkan robot kedua dan ketiga menyelesaikan tugasnya secara otomatis tanpa kendali peserta. Tiga tahap penyusunan candi dapat diselesaikan dengan sempurna.

Rektor UMM Muhadjir Effendy pada sambutan penutupan menyampaikan, masa depan dunia dikuasai oleh bangsa-bangsa yang menguasai teknologi. Salah satunya, kata dia, adalah teknologi robot yang akan memimpin di bidang industri dan militer. "Sekarang pesawat tempur 50 persen adalah robot seorang. Pilot hanya second line dari pesawat," ungkapnya, Minggu (20/6) malam.

MALANG - Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) memastikan melaju ke kontes Robot Tingkat Asia Pasifik setelah pada final Kontes Robot Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News