Pentaskan Seni Sunda di Ruang Publik

Pentaskan Seni Sunda di Ruang Publik
Pentaskan Seni Sunda di Ruang Publik
BOGOR - Setelah hampir satu setengah bulan vakum, Komunitas Taman Kencana (KoTK), kembali hadir di Taman Kencana Bogor, kemarin. Kehadiran mereka mampu menyedot perhatian masyarakat yang sedang berolahraga di sekitar lokasi.

Sejumlah kesenian Sunda dipentaskan. Antara lain, seni karinding, celempungan dan kacapi suling. Tak hanya itu, sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat untuk membiasakan bahasa Sunda di beberapa sudut Taman Kencana, terpampang tulisan yang isinya mengajak berbahasa Sunda.

Ketua KoTK, Mochammad Erwan, mengatakan, pementasan seni musik tradisi dan budaya Sunda rencananya akan dilangsungkan dua kali dalam sebulan, yakni minggu pertama dan minggu ketiga. “Alhamdulillah berkat dukungan dari berbagai pihak, khususnya para seniman, ini kali pertama kami manggung,” jelasnya diamini Sekretaris KoTK, Ukar Sukardi.

 

Pementasan KoTK kali ini format dasarnya sudah dibakukan, yakni dibuka dengan rajah, sajak Sunda dan selanjutnya seni lainnya. Seperti pencak silat dan debus, juga penampilan band lokal yang mau berpartisipasi. “Untuk pelantun Pantun Rajah dipercayakan kepada Kang Dedi, sedangkan yang membacakan Sajak Sunda tentang Pajajaran oleh Kang Dadang HP,” kata Erwan.

BOGOR - Setelah hampir satu setengah bulan vakum, Komunitas Taman Kencana (KoTK), kembali hadir di Taman Kencana Bogor, kemarin. Kehadiran mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News